Kucing Kawin & Hamil

Diposting pada

Jika anda ingin mengawinkan kucing dengan benar & untuk menghindari perkawinan inbreeding (bila breeder tidak menghendaki hal tersebut).

Maka anda wajib mengetahui serta selalu mengontrol karakter & keadaan kucingnya, apalagi ketika kucing tersebut sedang birahi. Saat masa birahi kucing akan mengalami perubahan tingkah laku. Anda pun harus peka melihat tanda-tanda kucing birahi.
Berikut masa birahi kucing & tanda-tandanya:
1. Kucing betina pertama kali birahi saat berumur 7-8 bulan atau 10-11 bulan yang berlangsung selama 4-10 hari, kadang hanya 4-5 hari.

2. Siklus birahi ini akan berulang setelah 1 bulan atau setelah 2-3 bulan.

3. Kucing betina saat mengalami birahi, terjadi perubahan tingkah laku. Anda harus memahami tanda-tanda kucing betina birahi antara lain :

  • Kucing akan sering mengeong lama & kaki belakangnya berjalan di tempat, suara mengeongnya kadang menjadi berat & keras.
  • Kucing lebih manja terhadap pemiliknya & lebih sensitif, kadang suka berguling-guling.
  • Bila dipegang dibagian punggung tepat nya di atas pangkal ekornya akan naik & ekornya akan melengkung ke samping badannya.
  • Nafsu makan kucing juga jadi berkurang (menurun).
  • Bulu tubuhnya bersinar, bentuk tubuh menjadi bulat & subur.
  • Gerak-geriknya lincah.
  • Sering menggeser-geserkan tubuhnya ke dinding & berguling-guling.

4. Bila kucing sudah mengalami tanda-tanda tersebut berarti kucing anda sudah dewasa & siap dikawinkan. Namun bila kucing baru mengalami birahi yang pertama kali ketika umurnya baru 10 bulan sebaiknya kucing jangan di kawinkan dulu. Usia produktif untuk kucing kawin, mengandung & melahirkan dimulai dari umur 1 tahun. Karena pada usia kucing 1 tahun kucing sudah benar-benar siap untuk memiliki anak & merawat anaknya nanti. Jadi pada dasarnya kucing betina sebaiknya tidak dikawinkan sebelum berumur 1 tahun.

5. Anda perlu memperhatikan timbulnya pyometra yang menyebabkan penundaan breeding sampai beberapa kali. Pyometra adalah infeksi uterus karena penumpukan hormon progesterone, & mengakibatkan penebalan dinding uterus serta berpotensi tumbuhnya bakteri. jika terjadi pyometramaka harus diambil uterusnya agar tidak terjadi kematian.

6. Anda harus selalu memperhatikan kesehatan kucing miliknya, karena ini merupakan prioritas utama sebelum memutuskan untuk re-breeding.

7. Kucing betina yang dalam masa menyusui & membesarkan anak-anaknya, sebelum anaknya lepas sapih (umur 3 bulan) jangan dikawinkan terlebih dahulu.

8. Formula minimum untuk periode re-breeding adalah 3 bulan + perbulan dari jumlah anak yang dilahirkan & disusui.

9. Masa birahi kucing jantan berbeda-beda, tetapi biasanya terjadi pada umur satu tahun atau lebih.

10. Tanda kucing jantan birahi adalah suara mulai keras, suka mengeong, & kalau melihat kucing betina ingin cepat menaikinya.

Tetapi adakalanya seekor kucing betina sudah berusia setahun namun belum pernah menunjukkan tanda birahi. Bila demikian kita bisa memberikan vitamin E untuk meningkatkan hormon sehingga memberikan dampak timbulnya keinginan / birahi untuk kawin.

Sering terjadi pada kucing-kucing peliharaan kita dimana momentum masa birahi tersebut tidak secara bersamaan terjadi diantara kucing jantan & betina yang kita pelihara, sehingga yang terjadi adalah kucing betina akan marah bila didekati jantannya. Sebaliknya, mengetahui betinanya marah pejantan akan jual mahal & tidak mau mengawininya lagi. Suasana yang tidak kondusif ini kadang membuat kita stress & berusaha mencarikan betina lain yang siap untuk dikawini.

Terkadang seekor kucing jantan juga masih ‘setia’ dengan pilihannya semula & tidak bersedia digantikan oleh betina yang lain. Namun adapula kucing betina yang bersedia kawin dengan lebih dari satu pejantan & demikian pula pejantannya tidak keberatan untuk saling menunggu secara bergantian mengawini betinanya.

Bila kita ingin memilih pejantan dengan kualitas lebih baik agar memberikan keturunan kucing dengan kualitas yang lebih baik, kita bisa memanfaatkan jasa kawin dari pemilik kucing yang menyewakan pejantan unggulnya untuk mengawini kucing betina kita dengan biaya jasa tertentu.

Masa-masa perkawinan kucing biasanya berlangsung sekitar 7 hari, yaitu setelah kucing selesai melewati masa birahinya.

Umur Kucing Jantan & Betina Yang Sudah Siap Kawin

Kucing bisa memasuki musim kawin & melangsungkannya bersama pasangannya pada waktu tertentu. Jika kucing tersebut belum memasuki umur yang sudah cukup, maka kucing itu tidak akan tertarik.

Pada umur berapa kucing akan kawin?

Biasanya kucing sudah mengenal birahi pada umur 6 bulanan. Si anak kucing sudah mulai bisa mencium aroma yang dikeluarkan oleh kucing lawan jenisnya. Dan selama berjalan seiring waktu, si kucing akan beradaptasi dengan sendirinya. Kemudian jika kucing siap kawin, dia akan menunjuka gejala-gejala seperti kucing ingin kawin.

Apakah kucing betina & jantan sama saja usia siap kawinnya?

Biasanya yang lebih cepat mengenal rasa birahi adalah kucing betina. Karena kucing betina lebih peka penciuamannya untuk mengetahui aroma dari cairan yang dikeluarkan oleh kucing jantan. & ini bisa membuat si kucing betina terangsang pada saat menghirupnya.

Lalu berapa lama kucing berada pada masa ingin kawin / birahi?

Biasanya kucing akan berada didalam masa birahi hingga 2 minggu, & paling cepat 10 hari. Semua itu tergantung dari kucingnya juga. Apa lagi untuk kucing yang tidak memiliki pasangan, kadang-kadang dia berada dalam masa birahi hingga 2 mingguan. Ini dikarenakan dia belum kawin, & rasa keinginginan untuk kawinnya menjadi terpendam & akan hilang dengan perlahan. Beda dengan kucing yang birahi kemudian dikawinkan, itu bisa cepat untuk menghilangkan rasa birahi si kucing.